Rabu, 13 Maret 2013

Taman Mini Indonesia Indah: Miniatur Kekayaan Nusantara

Taman Mini Indonesia Indah: Miniatur Kekayaan Nusantara



Taman Mini Indonesia Indah



Taman Mini Indonesia Indah adalah sebuah taman yang berbasis budaya, menampilkan miniatur yang menggambarkan keindahan dan keragaman Indonesia dalam lahan yang kecil di daerah Jakarta Timur.


Secara populer di kenal sebagai Taman Mini, isi taman ini adalah 26 replika rumah adat tradisional yang ditemukan di seluruh kepulauan Indonesia dari Aceh ke Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Papua. Miniatur- miniatur ini mengambarkan sejarah, kesenian, kerajinan dan tradisi dari setiap provinsi. Dibangun untuk pendidikan dan rekreasi keluarga, Taman Mini memiliki area luas untuk rekreasi keluarga, sejumlah taman flora dan fauna, museum, teater pertunjukan, teater Imax dan fasilitas-fasilitas akomodasi.


Untuk lebih mengekspresikan toleransi di Indonesia dan hidup berdampingan secara damai di antara pemeluk-pemeluk agama di seluruh kepulauan, di taman ini juga didirikan rumah-rumah ibadah sampai saat ini masih aktif digunakan seperti: masjid, pura, vihara, gereja Katolik dan gereja Protestan.


Tidak jauh ada sebuah danau besar dengan bentuk pulau-pulau asli Indonesia di dalamnya. Dari udara para pengunjung dapat melihat bentuk keseluruhan peta Indonesia di danau.


Taman Mini Indonesia Indah adalah gagasan Ibu Tien Soeharto, mantan wanita pertama di Indonesia. Kontruksi Taman Mini dimulai tahun 1971 dan diresmikan pada 20 April 1975.


Untuk para pengunjung yang hanya memiliki waktu terbatas untuk menjelajah pulau-pulau Indonesia, Taman Mini adalah perkenalan terbaik untuk  keanekaragaman budaya negara ini. Taman Mini adalah taman yang ideal untuk keluarga agar lebih mengenal budaya-budaya regional.


 




  • Kegiatan





Bongonjong Rumah adat Ranah Minang dari Sumatra Barat



Disini Anda bisa mengagumi, mempelajari arsitektur dan desain di dalam taman contohnya seperti “Bongonjong” rumah adat Ranah Minang dari Sumatra Barat, “Lamin” rumah panjang suku Dayak yang hidup di pedalaman Kalimantan Timur, “ Tongkongan” lumbung padi dari Tanah Toraja di dataran tinggi Sulawesi Selatan, rumah tradisional Batak “Bolon” rumah adat dari Danau Toba di Sumatera Utara; atau “Joglo” rumah adat dari Jawa Tengah.


Pemandangan menarik lainnya di taman ini antara lain:

Untuk anak-anak ada Istana Anak-anak, Istana Anak-anak Indonesia, menyajikan dongeng  dari berbagai pulau di Indonesia begitu juga dongeng dari seluruh dunia, tersedia taman hiburan untuk anak-anak dan kapal angsa untuk menjelajahi kepualauan di danau. Sedangkan untuk anak yang lebih besar dan dewasa ada Imax Theather di Keong Emas, panggung untuk pertunjukan musik, dan Snowy Bay, rekreasi air.


Untuk pecinta alam, ada taman anggrek, cacti, herba, taman bunga dan ada juga Taman Burung.


Teater Tanah Airku adalah teater pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan teknologi panggung seni. Teater Tanah Airku adalah perpaduan estetika antara Indonesia dan Internasional. Ornamen dari Indonesia termasuk “gunungan”, elemen dari jawa adalah pertunjukan wayang, atapnya berbentuk rumah adat dari Sumatra dan Sulawesi, dengan sentuhan Dayak Kalimantan, semua diatur dengan harmonis.


Dikombinasikan dengan alat pengeras suara yang moderen, efek pencahayaan, peralatan panggung yang lengkap dan Anda akan memiliki pengalaman yang dramatis untuk diingat sepanjang masa.



Keong Emas



Beberapa objek wisata di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah adalah berikut ini.


Museum Indonesia, berupa gedung tiga lantai dengan ukiran relief menggambarkan epos cerita “Ramayana”. Dapatkan gambaran budaya Indonesia melalui manusia dan adat istiadat, transportasi, serta manusia dan hasil karyanya.


Pusat Peragaan IPTEK, memamerkan beragam karya IPTEK. Gedung ini diresmikan tanggal 10 November 1995.


Teater IMAX Keong Mas, menampilkan gambar bergerak 3 dimensi.


Museum Keprajuritan, nikmati semangat keprajuritan bangsa Indonesia dalam menghadapi penjajah pada abad ke tujuh sampai ke sembilan belas. Gedung Museum Keprajuritan Indonesia dibangun dengan bentuk benteng bersegi lima dikelilingi perairan yang melambangkan pertahanan bangsa dan cara menangkal segala bentuk ancaman.


Museum Prangko Indonesia, temukan sejarah perkembangan prangko di Indonesia. Terdapat juga perkembangan teknologi yang digunakan dalam pembuatan prangko.


Museum Pusaka, memamerkan kegiatan peragaan dan pengelolaan sekitar 5.000 koleksi pusaka dan akan terus bertambah. Temukan juga kegiatan perawatan (jamasan), bursa dan sarasehan yang dapat diikuti oleh masyarakat luas.


Museum Transportasi, Anda dapat melihat perkembangan dan peran transportasi di dunia dan Indonesia mempuyai sejarahnya sendiri.


Museum Listrik dan Energi Baru, di sini Anda akan memaknai bahwa hemat energi adalah pedoman penggunaan energi yang tak terbarukan di masa kini. Museum ini juga berfungsi sebagai media informasi serta pusat koleksi dan konservasi untuk kepentingan pendidikan.


Museum Minyak dan Gas Bumi, bangunan utamanya berupa anjungan lepas pantai, ciri khas pencarian minyak dan gas bumi, yang juga akan menjadi ajang utama penjelajahan minyak dan gas bumi di masa datang. Pembangunan museum ini berawal dari peringatan seratus tahun usaha pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.


Museum Telekomunikasi, adalah gedung beratap kubah berwarna biru dan di halaman depan berdiri patung Gajah Mada yang sedang mengangkat pusaka keris ketika mengucapkan Sumpah Palapa. Patung ini digunakan sebagai ciri museum komunikasi karena satelit komunikasi yang dimiliki Indonesia diberi nama “Palapa”, sesuai jiwa Sumpah Palapa.


Museum Penerangan, berbentuk segi lima, museum ini mudah ditemukan karena di halaman depan ada lambang ANANTAKUPA akronim “api nan tak kunjung padam” sebuah tekad kegiatan perjuangan penerangan di Indonesia.


Museum Olah Raga,  bentuknya unik berupa bola. Museum ini dibangun dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya olah raga bagi kesehatan jasmani dan rohani.


Museum Asmat,  memamerkan hasil kerajinan dan karya seni Asmat.  Dibangun di areal Taman Bunga Keong Mas TMII. Bentuk bangunannya asli Kariwari, suku Tobati Enggross yaitu mendiami pulau di Teluk Jayawijaya.


Museum Komodo, memiliki bentuk bangunan yang unik menyerupai komodo raksasa. Di dalam museum ini ada beraneka peragaan fauna Indonesia.


Museum Serangga, dipamerkan beragam serangga di Indonesia, tidak kurang dari sekitar 250.000 jenis serangga hidup di dalam dan di atas tanah. Ada yang sangat kecil, dan ada pula yang sangat besar. Ini semuanya dapat dilihat di Museum Serangga TMII terutama kumbang dan kupu-kupu yang sangat berwarna-warni, dan kelompok serangga menarik lainnya.





  • Berkeliling






Kereta Api Mini



Taman Mini memiliki berbagai macam alat transportasi seperti kereta cepat, kereta gantung dan bus antar jemput  untuk membawa Anda berkeliling.


Untuk berkeliling di kawasan TMII yang luasnya mencakup hingga kurang lebih 165 ha, TMII memberikan banyak pilihan kepada pengunjung. Anda bisa menggunakan berbagai bentuk sarana transportasi mulai dari sepeda, mobil, bus, kereta mini, kereta gantung dan aeromovel. Tarif sewa kereta api mini Rp10.000,00, charter mobil kecil keliling per jam Rp60.000,00, charter mobil besar atau bus per jam Rp250.000,00. Telp. 021-8409237


Gunakan juga teknologi penggunaan angin untuk mendorong kendaraan mono rail  SHS-23 Aeromovel Indonesia atau Titihan Samirono. Berkeliling TMII dengan Titihan Samirono merupakan pengalaman yang mengasyikkan. Dengan titihan ini Anda akan dibawa melihat Taman Mini “Indonesia Indah” dari suatu ketinggian sehingga memberikan pesona yang mengagumkan.  Harga Tiket :Rata-rata Rp. 10.000,- (Operasi hari Sabtu & Minggu) Telp. 021-8409319, 8409320.

Kereta Gantung (Sky Lift) dapat pula digunakan sebagai sarana transportasi yang tepat karena dari tempat yang cukup tinggi maka seluruh area TMII dapat dilihat secara jelas dan cepat. Keindahan lingkungan, berbagai bangunan yang unik dan penguasaan pandangan adalah beberapa daya tarik yang terkembang dari menaiki kereta gantung ini. Disediakan tiga stasiun keberangkatan dan perhentian. Harga Tiket: Selasa-Jumat Rp20.000,00, dan  Hari Sabtu dan Minggu Rp25.000,00. Diskon Khusus untuk Rombongan minimum 20 orang, Umum Disc. 10%Pelajar/Mahasiswa/Pramuka Disc. 25%. Diskon tidak berlaku pada hari Minggu dan hari besar atau hari raya.Telp. 021-8400769, 8409331.


Kereta Api Mini di sini ada dua macam yaitu yang lebih mini dengan jarak tempuh  terbatas di Istana Anak-Anak Indonesia. Kemudian kereta Api Mini yang lain mengelilingi TMII secara menyeluruh. Sarana transportasi ini sangat bermanfaat untuk berkeliling dan melihat-lihat secara lebih santai anjungan, museum, taman dan bangunan-bangunan lainnya dari luar. Suara lonceng kereta menambah kenikmatan berkeliling TMII, seolah berkeliling Indonesia dalam waktu beberapa menit. Pengalaman yang patut dicoba. Harga tiket sekitar Rp10.000,00.




  • Berbelanja





TMII menjual banyak suvenir untuk oleh-oleh perjalanan Anda dari TMII. Berbagai macam kaos, topi, kartu pos banyak tersedia di sini.





  • Kuliner





Coba cicipi makanan Puri Caping Gunung Rest & Convention yang teretak di depan Anjungan Nusa Tenggara Barat, tepat di tepi Miniatur Arsipel Indonesia. Bangunannya khas dan tampak mencolok, dari kejauhan menyerupai topi petani (caping), berdiri di atas ketinggian lahan tanah, karena itulah bangunan ini dinamai Caping Gunung. Restoran ini menyajikan menu aneka makanan tradisional Indonesia dan internasional, juga tersedia seafood, dengan cita rasa berkelas. Tempat ini memiliki bangunan berbentuk cylindric, berdinding kaca, menghadap Miniatur Arsipel Indonesia, sehingga memberikan pemandangan yang luas dan teduh. Anda akan dimanjakan menu favorit seperti sop buntut bakar. Selain itu, restoran memiliki sarana lengkap sebagai ruang pertemuan serbaguna, antara lain AC, mail hall, ruang rias, pantry, ruang operator, pangung, toilet, dan tempat parkir yang luas sehingga dapat digunakan untuk berbagai acara. Banyak tamu resmi kenegaraan yang berkunjung ke TMII dijamu di sini. Sebagai gedung pertemuan Caping Gunung menawarkan dua paket unggulan untuk resepsi pernikahan, yakni Mustika Wedding Package dengan kapasitas 400 undangan dan Andrawina Wedding Package untuk 800 undangan, termasuk antara lain dekorasi, karpet merah, musik, tiket masuk TMII, dan menu makanan sesuai pilihan.


Di Pasar Tiban setiap hari ada puluhan warung atau kios yang menyediakan makanan dan minuman dengan segala macam masakan dengan harga murah. Warung-warung ini tersebar di berbagai sudut TMII dan dapat ditemukan dengan mudah. Salah satu gugus warung itu adalah warung-warung makan di Pasar Tiban dan di depan Gedung Pengelolaan. Pasar Tiban yang berarti juga pasar murah meliputi beragam warung makanan dan minuman dengan berbagai variasi hidangan berharga murah namun dengan kenikmatan rasa yang memuaskan. Aneka masakan khas Nusantara dapat dipilih sesuai selera, antara lain nasi padang, gudeg, pecel lele, tongseng, gule, sop iga, soto sulung, ikan bakar, sayur asem, gado-gado, bajigur, bahkan masakan cepat saji pun tersedia di sini.


Pondok Pecel Madiun adalah rumah makan dengan luas sekitar 300 meter persegi berdinding kaca di tiga sisinya dan mampu menampung hingga 80 pengunjung. Tersedia beberapa meja makan berikut kursinya serta lesehan. Di masing-masing meja sudah tersedia kendi berisi air putih, cawan kecil berisi pisang rebus dan peyek. Disediakan camilan kacang rebus gratis bagi pembeli. Selain itu ada pula piring lauk dengan berisi empal, paru, sate jeroan, telor asin, serta tahu tempe bacem di tiap meja makan. Pecel di sini memiliki rasa bumbu pecelnya yang rasanya manis. Bumbu dapur untuk sambal kacang ini berupa cabe, bawang putih, terasi, gula, dan jeruk purut dan kacang yang disangrai. Selain pecel, rumah makan ini juga menyediakan setidaknya 20 menu seperti  rujak cingur, ayam penyet, empal goreng, tengkleng, tahu gunting, soto ayam, gule, dan rawon. Buka setiap hari  pukul 08.00–16.00.





  • Akomodasi





Di dalam kawasan Taman Mini ada desa wisata dengan fasilitas ruang pertemuan, bungalo dan asrama yang disebut Graha Wisata Remaja, tempat yang ideal untuk backpacker. Berada di sisi jalan menuju restoran kecil, stasiun kereta gantung, kolam dan beberapa museum, terminal bus antar jemput, bus akan membawa Anda ke tempat wisata lain di dalam taman ini.


Desa Wisata menawarkan suasana khas pedesaan yang tenang dan nyaman untuk wisatawan perorangan maupun rombongan. Dengan pengaturan tata ruang luarnya yang asri dan teduh nuansa pedesaan, hostel ini merupakan penginapan yang ideal sekaligus nyaman untuk berbagai kegiatan, seperti seminar, training, family gathering, olah raga, dan resepsi perkawinan. Fasilitas ini sering juga dimanfaatkan untuk tempat berbagai kegiatan rapat dan pertemuan kantor dari Jakarta. Memiliki 32 pondok berupa kamar barak non AC, standar AC, VIP, dan cottage yang dapat menampung 416 tamu dengan keunggulan harga yang relatif murah. Bagi pengunjung yang ingin bersantai dan berekreasi beberapa hari di TMII, Desa Wisata Hostel merupakan tempat yang sangat ideal. Letaknya berada di dalam kawasan TMII, tempat ini sangat cocok untuk tempat beistirahat, khususnya bagi wisatawan dari daerah yang ingin menikmati wisata lebih lama. Menempati lahan seluas 3 hektar dengan sarana yang lengkap seperti ruang serbaguna berkapasitas 600 orang, jogging track, lapangan bola voli, panggung terbuka, dan restauran aneka makanan nusantara. Selain itu, tersedia lapangan rumput yang hijau dan datar untuk kegiatan outing, seperti api unggun, camping ground, dan gathering; panggung terbuka Ramayana dengan daya tampung 400 orang; kolam ikan di tengah-tengah pondokan sebagai sarana pemancingan lengkap dengan layanan pengolahan: dibakar, digoreng, atau dipepes.


Graha Wisata Remaja memiliki sarana penginapan yang nyaman, bersih dan aman dengan biaya yang sangat terjangkau. Graha Wisata berlantai 3, memiliki 44 kamar, terdiri atas kamar standar dan kamar special dengan AC dan berkapasitas 280 tempat tidur. Fasilitas lain yang dimiliki Graha Wisata adalah  dua ruang rapat dengan kapasitas 100 orang dan 60 orang, ruang makan dengan kapasitas 200 orang, ruang ibadah, lobby, drugstore dan snack counter. Selain itu, tersedia sarana olahraga tenis meja dan bola sodok lapangan, serta sarana telepon. Lokasi penginapan ini strategis, dekat dengan beberapa sarana dan prasarana di TMII. Tempat makan, stasiun kereta gantung, water park, dan beberapa museum mudah dicapai dengan berjalan kaki. Terminal mobil keliling pun sangat dekat dengan Graha Wisata dan selalu siap melayani tamu. Graha ini sangat cocok untuk kelompok pelajar atau mahasiswa dan masyarakat dengan anggaran terbatas. Walaupun biaya inap murah, namun Graha Wisata memberikan layanan dan sarana sebaik-baiknya kepada pengunjung.





  • Transportasi





Taman Mini sekitar 25 kilometer dari Jakarta Pusat atau sekitar lima kilometer dari Bandara Halim Perdana Kusuma dicapai melalui jalan tol Jakarta. Dapat dicapai dengan transportasi umum,  taksi atau sewa mobil agar perjalanan lebih nyaman.
Dengan angkutan umum:

* Metro Mini T. 45 (Pulogadung-PT.II TMII)

* Angkot KWK S. 15 A (Ragunan – PT II TMII.)

* Angkot KWK T. 01 (Cililitan – Bambu Apus)

* Angkot KWK T. 02 (Cililitan – Cipayung)

* Angkot KWK T. 05 (Cililitan – Setu)

* Angkot KWK P. 15 (Cililitan – Cilangkap)

* Angkot KWK K. 40 (Bekasi-Kmp. Rambutan)

* Angkot KWK S. 19 (Depok – Pinang Ranti)

* Bus Gandeng PPD BT. 03 (Grogol – TMII)


 



Tips





  • Kebutuhan informasi penting saat Anda berkunjung ke TMII baik untuk keperluan rekreasi, bisnis, studi, atau bahkan penelitian ilmiah. Hal ini mengingat begitu banyak objek dan daya tarik wisata yang tersedia sehingga pusat informasi ini dapat membantu pengunjung menentukan pilihan wahana rekerasi agarwaktu dapat digunakan dengan efektif dan efisien. Taman Mini memiliki Pusat Informasi Budaya dan Wisata (PIBW) bagi pengunjung yang membutuhkan informasi mengenai kebudayaan dan kepariwisataan di Indonesia.  Pusat Informasi ini dilengkapi perpustakaan, teater mini, dan ruang baca yang sejuk. Di dalamnya Anda dapat memperoleh informasi dan pustaka, baik dalam bentuk buku yang jumlahnya lebih dari 40.000 eksemplar dengan 7.000 judul maupun audio visual.




  • Dari sini Anda pun bisa meminta layanan pemanduan, praktek kerja lapangan serta bimbingan penulisan karya-karya ilmiah dan populer di bidang kebudayaan dan kepariwisataan.Tiga pusat informasi wisatawan siap melayani pengunjung yang membutuhkan informasi mengenai berbagai aspek TMII, terletak di lobby Gedung Pengelolaan, Parkir Selatan, dan Parkir Utara.



  • Taman Mini sangat besar, lebih dari 100 hektar. Jika Anda tidak punya banyak waktu, ikutlah dalam tur. Dengan begitu, Anda akan menghemat uang dan waktu. Anda juga akan mendapatkan diskon jika bepergian dalam grup.



  • Jika Anda ingin menjelajahi tempat ini sepenuhnya, baiknya Anda menghabiskan malam di dalam kompleks besar ini.



  • Untuk memasuki kawasan TMII, setiap pengunjung harus memiliki tanda masuk. Pembelian tanda masuk pengunjung umum, khusus bagi pelajar, mahasiswa maupun pengunjung rombongan. TMII memberikan potongan harga yang menarik. Keringanan tersebut dapat diperoleh dengan mengajukan permohonan sebelum hari kunjungan. Disamping keringanan dalam bentuk potongan harga, TMII juga memberikan kemudahan pelayanan dalam bentuk pilihan paket pelajar dan paket umum. dimana dalam satu paket beberapa objek yang divariasikan dapat dikunjungi dengan harga menarik.  Untuk informasi tiket Anda dapat juga menghubungi email : info@tamanmini.com atau menghubungi nomor telp berikut: 021-8409214, 8409210, 8409270, 8409236, 8409239, Fax: 84000709


 


Nah, Gimana Sobat Daunsingkong Indah dan Bagus banget kan tempat Wisata nya buat kamu yang lagi pengen jalan-jalan di daerah Jakarta dan Sekitarnya. Maka nya gak usah ragu untuk dateng kesini aja ya sobat Daun Singkong.

Semoga Informasi tentang tempat wisata “Taman Mini Indonesia Indah: Miniatur Kekayaan Nusantara” ini bisa bermanfaat untuk Sobat Daunsingkong semua. Oke :D















Taman Mini Indonesia Indah: Miniatur Kekayaan Nusantara

0 komentar:

Posting Komentar