Jumat, 15 Maret 2013

ROAD TO WEMBLEY 2013: Inilah Bola & Stadion Final Liga Champions 2012/13

ROAD TO WEMBLEY 2013: Inilah Bola & Stadion Final Liga Champions 2012/13


Bola resmi final Liga Champions 2013 telah dipertunjukkan. Bersamaan dengan itu, Wembley sekali lagi bakal menyajikan gelaran akbar untuk kali ketujuh.


Sebuah partai final yang bakal terukir dalam sejarah sepakbola memang butuh sarana dan prasarana yang istimewa. Hal itulah yang menjadi inti dari UEFA dalam penunjukkan Stadion Wembley untuk gelaran puncak musim 2012/13.


Dari AC Milan pada 1963 hingga FC Barcelona dua tahun lalu, kini Wembley menjadi venue istimewa turnamen ini sekali lagi. Selain itu, bola yang akan menjadi saksi bisu pada Mei nanti juga sudah diumumkan. Dengan Adidas bertindak selaku sponsor resmi, yang sekaligus menjadi perwakilan mereka untuk kali ke-20 dalam urusan bola di pesta termegah Eropa.


Diberi nama Adidas Finale Wembley, tampilan bola itu merefleksikan enam gelaran final yang telah dimainkan di ‘Home of Football’. Dirancang sedemikian rupa untuk memaksimalkan permainan, bola ini akan digunakan di lapangan dari babak 16 besar sampai final mendatang.


“Bola itu terlihat tegas, ikonis, hampir sempurna dalam hal penampilan. Untuk kita, hal itu luar biasa karena merefleksikan nilai dari Liga Champions itu sendiri, dan fakta bahwa final tahun ini akan diadakan di London,” ujar Guy-Laurent Epstein, direktur pemasaran UEFA.


“Musim ini kita akan melihat bola itu digunakan dari babak sistem gugur sampai menuju Wembley, di mana raja Eropa akan dinobatkan, yang tentu akan menjadi malam bersejarah lainnya bagi sepakbola Eropa.”



Bola-Final-Champions-League



Beralih mengenai Wembley, stadion itu resmi ditunjuk pada Juni 2011 sebagai venue final oleh komite eksekutif UEFA. Dan kini, mereka akan segera menggelar partai puncak untuk kali ketujuh, dan kali kedua dalam tiga tahun terakhir menyusul final 2011, sekaligus merayakan ulang tahun FA yang ke-150.



Stadion-Wembley



Sejak penyelenggaraan final 1992, Wembley bertransformasi untuk mempercantik diri. Namun dengan wajahnya yang baru, Wembley tak lantas kehilangan kebesarannya.


Dua menara kembar yang dulu sempat berdiri, kini harus rela diganti dengan tiang melengkung yang sekarang terlihat gagah dan megah di atas atap stadion. Tak ketinggalan, jumlah kursi di arena ini mencapai 90.000 ketika kembali dibuka pada 2007 lalu.


Dinamai Home of Football, Wembley telah menggelar enam ajang final Liga Champions, melebihi stadion lain yang ada di Eropa. Adapun, AC Milan menjadi tim pertama yang meraih sukses perdana pada 1963, disusul Manchester United pada 1968, Ajax 1971, Liverpool 1978 serta Barcelona pada 1992 dan 2011.


Awalnya, stadion itu dinamai Empire Stadium, dan dibangun sebagai pusat untuk laga eksebisi Kerajaan Inggris pada akhir Perang Dunia Pertama. Meski tidak secara resmi dibuka oleh Raja George V sampai 23 April 1924, stadion itu menggelar partai final Piala FA di tahun sebelumnya, ketika 200 ribu orang berdesakan untuk menonton Bolton Wanderers mengalahkan West Ham United 2-0. Partai itu sendiri lantas dikenal sebagai ‘White Horse final’, sebagaimana para polisi dikerahkan turun untuk menjaga suporter tetap di tempatnya.


Pada 2003, stadion itu dihancurkan untuk membentuk wajah baru. Kenangan yang ada di sana pun tersimpan dalam memori, salah satunya adalah gelaran Olimpiade 1948, dan juga final Piala Eropa 1996. Namun, dari perspektif orang Inggris, memori paling manis datang pada 30 Juli 1966, ketika Geoff Hurst mencetak hat-trick untuk membantu Inggris menang 4-2 atas Jerman Barat lewat perpanjangan waktu di final Piala Dunia 1966.


Selain untuk menggelar acara sepakbola, The New Wembley juga melangsungkan berbagai macam olahraga. Seperti Rugby, American Football dan bahkan motorsport. Di sana, terdapat pula 34 bar, delapan restoran dan 688 titik layanan untuk makan dan minum.


Terlepas dari itu semua, duta besar untuk gelaran final Liga Champions 2013 nanti adalah Steve McManaman, mantan pemain Liverpool, Real Madrid dan Manchester City, yang pernah meraih dua medali di kompetisi tersebut.



ROAD TO WEMBLEY 2013: Inilah Bola & Stadion Final Liga Champions 2012/13

0 komentar:

Posting Komentar