Senin, 11 Maret 2013

Mengenalkan Allah Pada Anak

Mengenalkan Allah Pada Anak



Mengenalkan Allah Pada Anak – Mendidik anak agar menjadi anak yang sholeh juga bisa dengan cara mendekatkan si anak pada Allah, kali ini DaunSingkong akan menjelaskan cara Mengenalkan Allah Pada Anak.


Mengenalkan Allah Pada Anak

Mengenalkan Allah Pada Anak



Mengenalkan Allah pada anak adalah tanggungjawab setiap orang tua muslim. Orang tua perlu mempertimbangkan perkembangan pola berpikir anak ketika hendak mengajarkan ma’rifatullah ini. Mengenalkan Allah melalui akal dan melihat ayat-ayat kauniyah adalah metode yang bisa dipilih. Generasi Rabbani akan terbentuk ketika kehidupan generasi muda mengenal dan menjadi sangat dekat dengan Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengenalkan Allah SWT pada anak:



  1. Libatkan Allah pada setiap percakapan Anda dengan anak. Misalnya ketika anda memberikan pujian untuk anak yang mau membereskan mainannya sendiri, ucapkan “Subhanallah, Adik memang rajin. Allah pasti sayang sama anak yang rajin”

  2. Perkenalkan nikmat dan kasih sayang Allah melalui fungsi tubuhnya. Misalnya ketika anda bermain dengan anak, cobalah untuk menutup mata anak dan suruhlah dia berjalan dengan mata tertutup. Ketika ia kesulitan, ucapkan “Allah sayang sama Adik dengan memberikan mata yang bisa melihat. Coba kalau Adik nggak punya mata, bagaimana?’

  3. Biasakan mengajak anak untuk berdoa kepada Allah, misalkan sebelum tidur, sebelum dan sesudah makan, pada saat turun hujan, dan lain-lain. Hal ini berguna untuk mengenalkan pada anak bahwa Allah adalah tempat meminta dan memohon segala sesuatu.

  4. Hindari menakut-nakuti anak dengan hukuman atau azab Allah. Sebaliknya perkenalkan anak dengan konsep pahala, rezeki, dan surga.

  5. Keberadaan Allah SWT yang ghaib pasti akan menimbulkan banyak pertanyaan dari anak. Sebaiknya orang tua membekali diri dengan pengetahuan Ma’riftullah yang benar dengan mengikuti kajian Islam atau dengan banyak membaca buku pengetahuan Islam dan mempelajari cara berkomunikasi yang efektif dengan anak.


Demikianlah beberapa cara Mengenalkan Allah Pada Anak yang bisa DaunSingkong jelaskan, Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Sobat DS semua …




Mengenalkan Allah Pada Anak

0 komentar:

Posting Komentar