Selasa, 12 Maret 2013

Tips Membimbing Anak Belajar

Tips Membimbing Anak Belajar


Tips Membimbing Anak Belajar – Setiap anak pasti ingin selalu bersama – sama dengan orantua walaupun hanya sekedar menghabiskan waktu bersama, Dari fakta tersebut DaunSingkong menyimpulkan bahwa membimbing anak untuk belajar itu lebih baik daripada harus menyerahkan anak untuk diajarkan oleh guru pembimbing.  Memang kebanyakan orangtua tidak memiliki waktu yang banyak untuk berkumpul dengan anak. Namun, apa salahnya meluangkan sedikit waktu untuk si anak, Kali ini DaunSingkong akan menjelaskan Tips Membimbing Anak Belajar.



Tips Membimbing Anak Belajar

Tips Membimbing Anak Belajar



Untuk mengetahui bagaimana cara orangtua mengembangkan potensi anak sehingga mereka bisa mengembangkan diri sendiri dan mengetahui potensi besar yang mereka miliki salah satunya dengan Membimbing anak belajar. Karna untuk mengetahui dan mengembangkan potensi diri si anak perlu ketekunan dari orangtua. Orangtua pasti lebih bisa melihat potensi apa yang dimiliki oleh anaknya dibandingkan orang lain maupun anak itu sendiri. Sikap orangtua yang terkadang dirasa memaksakan kehendak oleh si anak membuat cara itu kurang efektif, karena tidak ada anak yang menyukai orangtua yang suka memaksakan kehendaknya. Memberitahu sesuatu pada anak tidak sama seperti memberi saran pada orang dewasa. Perlu bujukan dan iming-iming serta sugesti positif agar si anak mau mengerti dan mengikuti petunjuk tak langsung yang sedang kita berikan padanya.


Tanyakan impian si anak


Orangtua harus berusaha dengan tekun dan memberikan arahan dengan perlahan namun tegas agar anak paham dan tahu arah mana yang ingin dilaluinya. Orangtua bisa mencoba bertanya pada anak apa yang menjadi impian mereka selama ini. Tanyakan apakah impian itu ingin mereka miliki dalam waktu cepat atau jangka panjang. Ajukan pertanyaan dalam untaian kalimat sederhana yang dimengerti oleh anak, kalau bisa pertanyaan itu sibuat seperti permainan. Jangan membuat si anak seakan terinterogasi.


Gambarkan langkah apa saja yang bisa diambil


Salah satu cara untuk membimbing anak belajar mengembangkan potensi dirinya sendiri adalah dengan menggambarkan langkah apa saja yang bisa ia ambil. Bantu anak dengan menggambarkan langkah apa saja yang bisa diambilnya agar impian itu bisa terwujud. Sebelum seseorang bisa menjadi pesepakbola terbaik, mereka mengalami perjuangan dan belajar bagaimana bermain sepakbola dengan benar dan sportif. Berikan penjelasan pada anak bahwa setiap orang yang berhasil selalu disiplin dengan waktunya.


Buatkan jadwal sederhana


Tunjukkan jadwal harian dan mingguan yang sederhana pada anak dengan ceklis tugas mana yang sudah diselesaikan dan yang belum. Dengan cara ini anak belajar menghargai waktu dan mengerti artinya menyelesaikan sebuah tugas. Membimbing anak belajar mengembangkan potensi diri tidak perlu dilakukan dengan cara keras. Mengubah aturan dan kebiasaan di rumah menjadi salah satu cara mudah yang bisa dilakukan orangtua. Cara ini juga membuat anak belajar mengatur waktunya sendiri. Selain belajar mengatur waktu, anak juga harus belajar jadi orang yang tekun.


Ajarkan konsisten


Ajarkan anak agar tetap konsisten pada impiannya, jangan lupa juga untuk membantu anak agar tetap fokus pada impiannya. Apapun halangan di depan jangan biarkan dirinya menyerah begitu saja. Anak harus belajar yakin pada dirinya sendiri agar tetap berada di arah yang dituju.


Refreshing


Cara lainnya adalah dengan mengajak anak berjalan-jalan melakukan refleksi agar mendapatkan inspirasi baru.


Nah, Sekian Tips Membimbing Anak Belajar yang bisa DaunSingkong jelaskan, semoga tips ini bisa bermanfaat bagi para orangtua dalam membimbing anaknya masing – masing …



Tips Membimbing Anak Belajar

0 komentar:

Posting Komentar